60 Siswa Bersaing di OSN

60 Siswa Bersaing di OSN

\"osn\"BENGKULU, BE - Sebanyak 60 siswa SD hari ini bersaing mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tingkat provinsi. Mereka terdiri dari 30 peserta jalur Matematika dan 30 IPA. OSN ini dipusatkan di Hotel Ananda Kota Bengkulu.

Kadispendik Provinsi Bengkulu DR. H Syafruddin AB, SE Msi mengatakan Olimpiade Matematika dan IPA tingkat SD telah dirilis sejak tahun 2003. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis siswa.\'\'

Peserta OSN ini siswa yang berbakat duduk dikelas IV dan V. Tentunya yang memiliki nilai raport untuk matematika dan IPA minimum 7,5.

Olimpiade Matematika dan IPA tingkat SD/MI merupakan langkah awal bagi siswa-siswi SD/MI yang berbakat. Adapun materi soal dalam OSN ini berasal dari pusat dan materi bersumber pada kurikulum SD/MI yang berlaku dalam mata pelajaran Matematika dan IPA. Juga ditambah materi dari buku pelajaran, buku penunjang dan bahan lain yang relevan.

Materi olimpiade juga mencakup kemampuan menyelesaikan soal-soal eksperimen (untuk IPA) atau eksplorasi (untuk matematika), penalaran, kreativitas serta pemahaman konsep melalui penggunaan alat peraga. Materi Matematika juga mencakup soal yang tidak rutin, dengan kecanggihan yang cukup tinggi untuk ukuran siswa SD.

Untuk diketahui seleksi Olimpiade Matematika dan IPA SD/MI inidilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi dan diakhiri dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Peserta yang terpilih akan langsung dibina selama 6 bulan ditingkat nasional untuk menghadapi Olimpiade Matematika dan IPA tingkat ASEAN. (128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: